Bahasa Isyarat(Img)

Jenis-Jenis Breast Pump

Jenis Jenis Breast PumpASI adalah makanan pokok bagi bayi, oleh karena itu hal pertama kali yang dilakukan ibu setelah melahirkan adalah menyusui. ASI eksklusif sangat disarankan oleh semua dokter untuk tumbuh kembang bayi. Namun tidak semua ibu bisa menghasilkan air susu dalam kuantitas banyak. Bentuk payudara besar tidak menjamin kuantitas air susu yang keluar. Payudara wanita dengan putting kecil membuat air susu sulit keluar sehingga butuh alat untuk mengeluarkan ASI lebih banyak. Breast pump adalah alat bantu untuk mengeluarkan air susu lebih banyak dan hasilnya bisa disimpan sehingga bisa digunakan ketika bayi haus walaupun secara fisik ibu tidak ada. Jenis breast pump ada dua yaitu :

1. Medela Harmony (Pompa manual)
Breast pump ini masih menggunakan tangan sebagai sumber tenaga untuk mendapatkan ASI dengan menekan bagian payudara wanita yang dirasa paling banyak produksi nya. Pompa manual dapat menghasilkan air susu lebih banyak karena ibu mencari sumber susu sendiri. Namun kelemahannya adalah kurang praktis dan memakan waktu. Bagi wanita dengan aktivitas padat tentu alat ini kurang membantu karena proses memerah yang lama dan tangan juga terasa pegal.

2. Medela Electric (Pompa Otomatis)
Pada jenis ini, ibu tidak perlu repot menekan dan mencari sumber air susu terbanyak pada payudara. Alat ini secara otomatis memompa payudara dan menghasilkan air susu tanpa perlu merasa pegal memompa dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Hasil perahan Jenis breast pump ini tidak selalu sama, ada yang mendapatkan lebih banyak ada juga sedikit. Kelemahannya adalah dapat merusak bentuk payudara karena putting akan lebih besar dan lebar. Selain itu, pompa elektrik dapat meninggalkan bekas pada payudara wanita.

Breast pump memang sangat membantu ibu, namun sebisa mungkin untuk menyusui secara langsung sehingga kemungkinan bakteri masuk ke botol susu atau air perahan lebih sedikit dan dapat meningkatkan kualitas hubungan emosional antara ibu dan anak.

Leave a Reply

Advertisement
bayi 101(Img)
Kategori Artikel
Arsip Artikel