Bahasa Isyarat(Img)

Cara Menggunakan Pompa ASI / Breast Pump

cara memakai pompa asiPompa ASI atau breast pump merupakan suatu alat yang diciptakan untuk membantu ibu menyusui mengeluarkan air susu ibu dari payudara agar dapat disimpan untuk persediaan konsumsi bayi. Biasanya pompa ASI sangat bermanfaat bagi ibu-ibu pekerja yang tidak mempunyai cukup waktu bersama bayi karena tuntutan dari aktivitas lain. Menyimpan ASI dalam kemasan, memberikan solusi bagi ibu menyusui untuk tetap memenuhi kebutuhan bayi baru lahir akan ASI eksklusif.

Pompa ASI yang beredar di pasar tersedia dalam dua jenis secara garis besar, yaitu pompa ASI manual dan pompa ASI elektrik. Pompa tersebut ada yang berbentuk piston atau suntikan, squeezze dan bulb. Tetapi dokter tidak menyarankan penggunaan squeezze dan bulb, bagian belakang alat ini berbentuk bola lampu yang terbuat dari karet, dan bagian tersebut sulit untuk disterilisasikan, selain itu tekanan alat ini ketika memompa ASI dari payudara tidak bisa sama atau tidak teratur. Sementara pompa berbentuk piston, benar-benar menyerupai alat suntikan sehingga tekanan yang dihasilkan teratur dan bagian-bagiannya bersifat steril serta mudah untuk dibersihkan.

Cara memakai pompa ASI manual dan elektrik kurang lebih sama. Pertama, ibu duduk dengan tubuh condong ke depan. Kedua, pasang corong pompa tepat di puting payudara. Ketiga, lakukan pemompaan secara pelan dan teratur, apabila menggunakan pompa ASI elektrik payudara Anda akan dipompa secara otomatis dan teratur. Waktu yang dibutuhkan untuk penggunaan pompa ASI manual kurang lebih 45 menit dan untuk penggunaan pompa ASI elektrik berkisar 15 menit.

Pada awal menggunakan pompa ASI kemungkinan ASI yang keluar tersendat-sendat dan tidak banyak. Tetapi, apabila Anda tetap melakukan pemompaan secara berkala, lama kelamaan produksi ASI yang lancar akan semakin berlimpah dan Anda akan memiliki cukup persediaan untuk buah hati Anda. Menyimpan ASI setelah dipompa sebaiknya dalam plastik atau botol kaca steril ke dalam kulkas. Berikan ASI tersebut kepada bayi dengan menggunakan sendok dan tidak dengan dot.

2 Responses to “Cara Menggunakan Pompa ASI / Breast Pump”

  • Rebecca Long says:

    Untuk breast pump, botol penyimpanan, sampe sterilizer, saya serahin semua ke produk2 dari Avent Philips. A bit pricey, tp nyaman. Kebetulan anak sy jg cocok dgn dot nya :)

  • Djatmiko H says:

    Maaf kok Daftar Hargany tdk adaa, kita mau lihat hargany dlu dan bagaimana pemesanannya..

Leave a Reply

Advertisement
bayi 101(Img)
Kategori Artikel
Arsip Artikel