Bahasa Isyarat(Img)

Kalori untuk Ibu Hamil

kalori ibu hamilKetika seorang wanita hamil, maka dia membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak dari sebelum hamil yaitu ditambah 300 kalori tiap harinya. Sumber kalori yang utama adalah karbohidrat dan lemak. Karbohidrat didapat dari nasi, roti, kentang, ubi, singkong, mie, dan jagung, sedangkan lemak bisa didapat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, daging, biji-bijian, dan sebagainya. Bertambahnya kebutuhan jumlah kalori ini disebabkan karena janin dalam kandungan membutuhkan makanan untuk pertumbuhannya. Di tiga bulan pertama, janin membutuhkan nutrisi yang cukup karena saat itu merupakan waktu pembentukan organ-organ vital bayi. Pada tiga bulan selanjutnya janin membutuhkan zat makanan untuk pertumbuhannya, sehingga jumlah kalori yang dibutuhkan pun semakin bertambah. Dan tiga bulan terakhir merupakan saat pematangan organ-organ tubuh bayi supaya siap untuk dilahirkan. Pentingnya nutrisi kehamilan ini tidak hanya bagi kepentingan bayi saja, tetapi juga untuk ibu hamil.

Kebutuhan ibu hamil akan nutrisi yang cukup, bertujuan untuk menyiapkan energi ibu saat melahirkan serta menyiapkan payudara supaya dapat menghasilkan ASI yang cukup. Jika nutrisi kehamilan ini tidak dapat terpenuhi maka akan berdampak tidak baik bagi ibu hamil dan bayinya. Ibu hamil dapat mengalami anemia dan kekurangan berat badan. Sedangkan dampaknya bagi bayi lebih kompleks lagi, mulai dari berat badan kurang, kelainan bawaan, cacat, bahkan kematian. Oleh karena itu, supaya janin dapat tumbuh dengan baik maka nutrisi makanan yang cukup mutlak diperlukan. Menurut penelitian, diperkirakan jumlah kalori yang harus ditambahkan sampai akhir masa kehamilan adalah sekitar 80.000 kalori. Untuk memenuhi kebutuhan ini sebenarnya cukup mudah, yaitu ibu hamil berusaha untuk menambah porsi makanannya.

Jika ibu hamil mengalami ngidam di awal kehamilan maka disiasati dengan makan sedikit-sedikit tetapi sering. Jika tiap kali makan muntah maka gantilah makanan pokok dengan minum madu dan sari kurma. Kedua jenis makanan ini merupakan sumber kalori yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil akan nutrisi. Selain itu, kedua jenis makanan ini sangat mudah diserap oleh tubuh ibu maupun janin melalui plasenta sehingga biasanya berat badan janin akan naik dengan pesat. Tiap wanita pasti menginginkan bayinya lahir dengan sehat, oleh karena itu hendaknya mereka memenuhi jumlah kalori yang dibutuhkan selama hamil.

Leave a Reply

Advertisement
bayi 101(Img)
Kategori Artikel
Arsip Artikel