Bahasa Isyarat(Img)

Janin Bayi pada Trimester ke-Dua

trimester keduaPada trimester kedua, janin dalam kandungan akan terus mengalami peningkatan perkembangan tubuhnya, baik itu peningkatan gerak janin maupun peningkatan kesempurnaan bentuk dan fungsi organ-organ tubuhnya.

Memasuki trimester kedua, janin 4 bulan akan mengalami peningkatan ukuran dan berat tubuhnya. Pergerakan tubuh janin 4 bulan pun sudah dapat dikategorikan sebagai pergerakan yang aktif.

Pada trimester kedua panjang janin 4 bulan sekitar 10 cm dan beratnya sekitar 20 gram. Bentuk janin sudah terlihat lebih jelas dengan terbentuknya beberapa organ tubuh. Bentuk janin 4 bulan juga sudah terlihat sempurna, terutama pada bagian wajahnya. Karena pada saat itu wajah janin sudah mulai terbentuk. Penyempurnaan bentuk wajah janin 4 bulan dimulai dengan terbentuknya hidung, pipi, bibir bawah, dagu dan jaringan otot yang membentuk wajah bayi.

Pada janin 4 bulan, sel-sel penyusun jaringan bola mota sudah mulai aktif bekerja. Sel-sel tersebut menyusun retina, kornea, iris atau selaput pelangi serta menyusun lensa mata janin. Karena lensa mata janin telah berfungsi, janin pun kini peka dan dapat bereaksi terhadap cahaya yang mengenai matanya dengan cara mengedipkan matanya ketika cahaya tersebut mengenai daerah sekitar mata janin.

Pertumbuhan dan perkembangan janin di usia janin 4 bulan sangat didukung dari plasenta yang terdapat dalam rahim ibu, karena saluran makanan untuk tumbuh kembang janin diperoleh dari plasenta tersebut.

Memasuki pertengahan trimester kedua yakni pada janin 5 bulan, jaringan syaraf di dalam otak telah selesai terbentuk dan telah matang. Sehingga hampir seluruh sistem did al;am tubuh janin sudah menjalankan tugasnya dengan sempurna. Organ paru-paru pun sudah terbentuk dengan sempurna sehingga sistem pernafasan janin sudah dapat berfungsi dengan baik.

Janin 5 bulan memiliki panjang tubuh 20-25 cm dengan berat sekitar 0,5 kg atau lebih. Pada saat itu, janin mulai ditumbuhi rambut-rambut halus di beberapa organ tubuhnya. Rambut yang pertama tumbuh pada janin 5 bulan adalah rambut yang terdapat pada bagian alis.

Pada usia janin 5 bulan, ibu hamil dapat melihat penyempurnaan bentuk janin yang ada di dalam kandungannya dengan alat USG. Ibu hamil pun dapat mengetahui jenis kelamin bayi dengan bantuan alat tersebut. Ibu hamil dapat melihat bahwa bentuk janin 5 bulan sudah seperti bayi kecil yang bergerak dengan aktif.

Memasuki bulan keenam pada trimester kedua, organ pendengaran janin mulai mengalami perkembangan. Namun organ pendengaran pada janin 6 bulan, belum dapat berfungsi seutuhnya. Sistem pencernaan pada janin 6 bulan sudah mulai berfungsi dengan baik, hal tersebut ditandai dengan peningkatan kemampuan usus janin dalam menyerap makanan yang masuk. Sistem kerangka pada janin pun mulai berkembang baik, dengan terjadinya pembentukan tulang yang terus-menerus, sehingga tulang janin pun semakin kokoh karena tulangnya semakin mengeras.

Pada janin 6 bulan terjadi peningkatan berat tubuh yang cukup pesat. Berat badan janin dapat bertambah 0,16 kg setiap pekannya. Berat tubuh janin 6 bulan sekitar 1,2 kg dengan panjang tubuh 39 cm.

Leave a Reply

Advertisement
bayi 101(Img)
Kategori Artikel
Arsip Artikel